Sunday, 30 March 2014

CONTOH PTK SD MENINGKATKAN HASILBELAJAR PKn MELALUI IMPLEMENTASI KOOPERATIF LEARNING KODE (164)

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi :
0856 42 444 991
ABSTRAK
Kata Kunci      : Kooperatif Learning, PKn.
      Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Learning.
      Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi Kebon Jeruk Jakarta Barat dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan subjek penerima tindakan adalah 43 siswa kelas VI.
      Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.
      Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 52%,sedangkan siklus yang kedua mencapai 76 % dan pada siklius ke tiga mencapai 100 % sedangkan prosentase keaktifan siswa pada siklus pertama 51.11% ,siklus kedua 68.44 % dan siklus ketiga 88.44%.
      Secara statistik terdapat peningkatan hasil belajar PKn pada siklus pertama, kedua dan ketiga sejalan dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.
      Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunanan pendekatan Kooperatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa materi ajar ASEAN di SDN Sukabumi Selatan 06 Pagi Jakarta Barat.

BAB I
PENDAHULUAN

 

A.    Latar Belakang Masalah

Selama ini  proses pembelajaran  PKn di kelas VI kebanyakan masih mengunakan metode ceramah dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa yang duduk, diam, dengar, catat dan hafal. Sehingga Kegiatan Belajar Mengajar menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak akan  meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran PKn. Akibatnya nilai akhir yang dicapai siswa tidak seperti yang diharapkan. Di kelas VI selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab,  hasil yang dicapai siswa kelas VI  sangat jauh dari memuaskan, dimana hanya mendapat daya serap kurang dari  berdasarkan analisis situasi/latar belakang diatas maka penulis berkeinginan untuk memperbaiki/mengadakan inovasi pembelajaran. Pembelajaran  PKn sebenarnya mempunyai peran yang sangat penting. Mata pelajaran PKn diharapkan akan mampu membentuk siswa yang ideal memiliki mental yang kuat, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang akan   dihadapi.
Memperhatikan permasalahan diatas, sudah selayaknya dalam pengajaran PKn dilakukan suatu inovasi. Jika dalam pembelajaran yang  terjadi sebagian besar dilakukan oleh masing-masing siswa , maka dalam penelitian ini akan diupayakan peningkatan pemahaman siswa melalui pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pendekatan pengajaran yang efektif dalam pencapaian tujuan pendidikan ,khususnya dalam Keterampiln Interpersonal siswa. Diharapkan melalui pembelajaran kooperatif  dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn. Serta semangat kebersamaan  dan saling membantu dalam menguasai materi PKn. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman  yang optimal terhadap mata pelajaran PKn.
Permasalahan dalam penelitian ini  adalah  tindakan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada mata pelajaran PKn. banyak faktor yang mungkin bisa menjadi penyebab terjadi permasalahan tersebut diatas. Dengan merefleksi bersama antar guru teridentifikasi akar permasalahan diduga penyebab masalah tersebut, yaitu penggunaan strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional, dominasi guru dalam kelas dominan

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas  maka masalah pada Penelitian Tindakan Kelas ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
  1. Hasil belajar Pkn di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi   masih rendah
  2. Pembelajaran PKn masih menggunakan metode yang kurang bervariasi
  3. Strategi pembelajaran yang dilakukan guru PKn masih konvensional
  4. Pendekatan pembelajaran dengan metode ceramah yang tidak efektif

C.    Pembatasan dan perumusan Masalah

Masalah dalam PTK ini dibatasi  pada rendahnya hasil belajar PKn siswa pada materi ajar ASEAN  di Sekolah  Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi.  
Adapun rumusan masalahnya adalah Apakah pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi ajar ASEAN di kelas VI SD Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi ?

D.    Tujuan Penelitian

Tujuan PTK ini adalah untuk memperbaiki peningkatan hasil belajar  pada mata Pelajaran PKn dengan mengubah strategi pembelajaran yaitu dengan Kooperatif Learning

E.     Hipotresis Tindakan

Pembelajaran menggunakan Kooperatif Learning akan meningkatkan hasil belajar PKn di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 06 Pagi.    

F.     Manfaat hasil Penelitian

Hasil Penelitian ini akan bermanfaat bagi guru bidang studi PKn untuk:
  1. Memperbaiki proses belajar mengajar dalam pelajaran PKn di Sekolah Dasar
  2. Mengembangkan kualitas guru dalam mengajarkan Pedidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar.
  3. Memberikan alterntif kegiatan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
  4. Menciptakan rasa senang belajar Pendidikan Kewarganegaraan selama pelajaran berlangsung
  5. Siswa semakin termotivasi untuk meningkat pemahaman mata pelajaran PKn.
DAFTAR PUSTAKA
Abror, Abd Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Alwasilah, Chaedar . 2000. Perspektif Pendidikan bahasa Inggris di Indonesia dalam Konteks Persaighan Global. Bandung: Andira.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara
Hamalik, Oemar . 1990. Kurukulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi aksara.
Hilgard & Bower.1975. Terjemahan dalam Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, Hadari. 1981. Pengaruh Hubungan Manusiawi di kalangan Murid terhadap Prestasi Belajar di Sekolah.Yogyakarta. IKIP Yogyakarta.
Sujana, Nana . .2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Surakhmad, Winarno .1979.Metodologi Pengajaran Nnasional. Jakarta:Jemmers.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: CONTOH PTK SD MENINGKATKAN HASILBELAJAR PKn MELALUI IMPLEMENTASI KOOPERATIF LEARNING KODE (164); Ditulis oleh aan kurnia ariadi; Rating Blog: 5 dari 5