Wednesday, 10 June 2015

Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share

 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN XXX Tahun 2011/2012


 PTK SD 209 (File lengkap SMS Ke 0856 42 444 991)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa  kelas IV SD Negeri xxx dengan penerapan metode think pair share yang menjadi subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari pra siklus, siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari hasil motivasi belajar siswa dan observasi. Motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode think pair share. Siklus I siswa yang termotivasi dalam mengikuti belajar yaitu 12 sekitar (48%) siswa yang termotivasi. Pada siklus II siswa yang termotivasi dalam mengikuti belajar yaitu 21 sekitar (84%) siswa yang termotivasi. Adapun indikator motivasi belajar siswa yaitu : 1) Memperhatikan penjelasan guru 68%, 2) Keberanian bertanya 48%, 3) Menjawab pertanyaan 44%. Pada siklus II naik menjadi : 1) Memperhatikan penjelasan guru 80%, 2) Keberanian bertanya 80%, 3) Menjawab pertanyaan 76%.  Aspek motivasi membawa dampak positif pada hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM yaitu 15 sekitar (60%) siswa, pada siklus II siswa yang mencapai KKM yaitu 21 sekitar (84%) siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SD XXX Tahun Ajaran 2012/2013.


Kata kunci : metode think pair share, motivasi belajar.





DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, XIII. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi Dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
Mella Evrilianti R. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Bagi Siswa Kelas IV SDN 3 Kalongan Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nela Nur Rohimah. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Dengan  Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar  Siswa Kelas IV MIM Gedongan Pada Mata Pelajaran PKN Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Nurhadi. Kurikulum 2004 Pertanyaan Dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia.
Putera, Nusa. 2011. Penelitian kualitatif proses & aplikasi. Jakarta: Indeks.
Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.  Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Think Pair Share; Ditulis oleh aan kurnia ariadi; Rating Blog: 5 dari 5

No comments: