Thursday, 23 July 2015

Meningkatkan Ketrampilan Siswa Melakukan Operasi Perkalian Bilangan Cacah

Untuk mendapatkan file word SMS 085642444991

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri xxx Dalam Melakukan Operasi Perkalian Bilangan Cacah di Bawah 100.000 Melalui Alat Bantu Kartu Bilangan”.
Pemilihan judul ini atas dasar alasan bahwa keterampilan siswa dalam belajar matematika khususnya perkalian masih minim. Hal ini diselesaikan oleh rendahnya kesadaran orang tua dalam memotivasi anaknya untuk belajar. Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum adalah menciptakan pembelajaran aktif dengan memahami konsep dasar matematika yang ditandai adanya interaksi antara guru dan murid. Secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SD Negeri xxx dalam melakukan operasi perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 melalui alat bantu kartu. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tahapan dalam siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
Siklus I siswa yang tuntas belajar 19 siswa, yang tidak tuntas 6 siswa dengan hasil nilai rata-rata 8,06 prosentase 70,6 %. Siklus II siswa yang tuntas 21 siswa yang tidak tuntas 4 siswa, nilai rata-rata ulangan 8,56 dengan prosentase 85,6%.
Hasil tes sumatif penelitian tindakan kelas diperoleh siswa yang tuntas belajar 20 siswa yang tidak tuntas 5 siswa dengan nilai ratarata dengan 8,56 dengan prosentase 85,6%.

Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah dengan melalui penggunaan alat bantu kartu bilangan, ketrampilan siswa kelas IV SD Negeri xxx dalam melaksanakan operasi perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 dapat ditingkatkan.



DAFTAR PUSTAKA

Aburrahman Mulyono, 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, 1988, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Depdikbud.
Darhim, dkk, 1992, Pendidikan Matematika 2, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hudoyo, Herman, 1988, Belajar Mengajar Matematika, Jakarta : Dep kdikbud
M. Khafid dan Suyati, 1999, Pelajaran Matematika Kelas 4. Jakarta : Erlangga. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No : 060/U.1993/Tgl. 25 Februari 1993 tentang Garis-garis Besar Program Pengajaran Kelas IV.
Moessono Djoko dan Sujono, 1988, Matematika Kelas IV, Jakarta : Balai Pustaka.
Natawijaya, Rohman, 1984, Pengajaran Remidil, Jakarta : Depdikbud
Pandoyo dan Djoko M, 1994, Matematika Ia untuk SLTP, Jakarta : Depdikbud.
Roseffendi, dkk, 1992, Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Suryabrata Sumadi, 1984, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja Gravindo Persada.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Meningkatkan Ketrampilan Siswa Melakukan Operasi Perkalian Bilangan Cacah; Ditulis oleh aan kurnia ariadi; Rating Blog: 5 dari 5