Tuesday, 23 February 2016

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI

PENGGUNAAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA

SISWA KELAS : 1

SD NEGERI WINONG 02

TAHUN 2012

 Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi 0856 42 444 991

Wahyu Supriyanto. A54E090046. Program Studi Pendidian Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2012. 68 halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas I dengan metode group Investigation. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN Winong 02 yang berjumlah 25 siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. uji Validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi metode.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan analisis.Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklusterdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar IPS siswa.Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPS yang meningkat . hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siklus I pertemuan I sebesar 72% atau 18 siswa dan pada siklus I pertemuan II sebesar 76% atau 19 siswa serta pada siklus II pertemuan I sebesar 80% atau 20 siswa, pada siklus II pertemuan II sebesar 92 % atau 23siswa Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode group Investigation mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas I.
Kata kunci :Hasil belajar IPS, metode group Investigation

BAB I

PENDAHULUAN


A.    LatarBelakang
Guru dalam mengajar di kelasseringdihadapkanpadaberbagaimasalahdalamkegiatanpembelajaran. Hal inisangat disadarioleh guru sebabseorang guru dalammenyampaikan pelajaran kepada siswa tentunya memiliki kekurangandan kelebihan, walaupun demikian setiap guru selalu memiliki harapan agar siswanya pada akhir pembelajaran mampu memahami materi yang telah diberikan, sekaligus berprestasi yang dibuktikan dengan hasil belajar yang maksimal. Dalam kerangka inilah seorang guru dalam proses pembelajarannya selalu mendesain perencanaan pembelajarannya yang dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kondisi siswa sehingga materi pelajaran yang diberikandapatdiserapolehsiswa, dan basil prestasi yang dicapaisiswadapatmemuaskan.
Demikian juga dalam proses pembelajaran, guru juga dihadapkan padakenyataan selalu menemui keanekaragaman tingkat kemam puansiswa.  Keanekaragamantingkatkemampuaniniakanmembuattingkatpenguasaanbelajar yang berbedaantarasiswa yang satudengansiswa yang lain, sehinggaadasiswa yang mencapaiprestasihasilbelajar yang amatbaikdalamartimenguasaiseluruhbahanpelajaran. Tetapiada pula siswa yang memangtergolongmemilikikemampuanakademik yang kurang.Jikasiswa yang tidakmampumengusaibahanpelajaransecaratuntasinidibiarkanterus-menerus, akanberdampaknegatifterhadappenguasaanbahanpelajaran yang belummampudikuasaimenjadikansiswakerepotanuntukmenerimamateripelajaranberikutnya.
Padatahunpelajaran 2011/2012 semester kedua, secarakeseluruhanhasiltesformatifuntuktemakeluargakelas I SD NegeriWinong 02 belummaksimal, halinidisebabkanparasiswabelumdapatmemahamidanmenguasaimateripelajarankhususnyadalammendiskripsikanlingkunganrumahdengankompetensidasarmenceritakankembaliperistiwapenting yang dialamisendiri di lingkungankeluarga. Jikadilihatdanpolapembelajaranselamaini guru cenderungmenggunakanmetode yang monotonyaituceramahdanpemberiantugassehinggasiswatidakmemilikikreativitasdalam proses pembelajaran. Untukitu guru dalampembelajaranperlumenggunakankolaborasibeberapa media dalamsatupembelajaran agar siswaaktifdalamsetiap proses pembelajaranberlangsung.
SD NegeriWinong 02 UPT DinasPendidikanKecamatanPatiadalahsebuahSekolahDasarNegeri yang lokasikeberadaannyadidaerahperkotaan, tetapiuntukmencukupisarana/prasaranamasihsangatkurangjikahanyamengandalkan orang tua/walimuridsajatentutidakrelevan. Karenakurangadanyadayadukung, makauntukmencapaiprestasihasilbelajar yang maksimalmengalamihambatan.Disampingdayadukung yang masihkurang, ditambahdengankondisisosialekonomilingkunganmasyarakatsekitar yang dapatdikategorikangolonganekonomimenengahkebawahdansumberdayamanusia yang rata-rata tidakberpendidikantinggi, sudahbarangtentuwalimuridtidakmampumelengkapibuku-bukupelajaran yang dibutuhkansiswa.
Rendahnyaprestasisiswakelas I di sampingketidakmampuandalampolapembelajarandanminusnyadayadukungpembelajaran, makapenulismengadakanperbaikanpembelajaransecaraberkalauntukmemperbaiki basil belajar yang rendah.Untukmeningkatkankualitassiswadalampenguasaanmateripelajaranperludiadakanperbaikanpembelajaranmelaluipenelitiantindakankelas.Sebabmelaluipenelitiantindakankelasmemilikimanfaatuntukmemperbaikipembelajaransehingga guru akanmerasapuaskarenatelahmelakukansesuatuuntukmeningkatkankualitaspembelajaran yang dikelolan). Komunikasitersebutberawaldaridanmenujukepengalamandanpenghayatansehari-harisiswa (Jacobs, 1992 : 10-11)ya Dari uraiantersebutdiataspenulistertarikuntukmengadakanpenelitiandenganjudul: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENGGUNAAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS:1 SD NEGERI WINONG 02 TAHUN 2012 .


B.    PerumusanMasalah
“ApakahdenganmelaluipenggunaanmetodeGroup Invenstigationdapatmeningkatkanhasilbelajar IPS padasiswakelas 1?”

C.    TujuanPenelitian
Untukmeningkatkanhasilbelajar IPS melaluimetodeGroup InvenstigationpadaSiswakelas :1 .

D.    ManfaatPenelitian
1.    ManfaatTeoritis
SecarateoritisdiharapkanhasilpenelitiantindakankelasinidapatmemberikaninformasiilmiahsekaligussebagaipengembanganilmupengetahuandalampembelajarantematikpadaKelas I.
2.    ManfaatPraktis.
a.    BagiPeneliti
BagipenelitidapatmemperbaikiStrategipembelajaranya.
b.    Bagi Guru SD
Hasilpenelitianinidapatmendorong guru untukikutambilbagianmenumbuhkembangkandanmemotivasikemampuansiswadalamrangkamenggunakanmetodeGroup Invenstigation.
c.    BagiSiswa
Hasilbelajarsiswadapatmeningkatkhususnya IPS .

DAFTAR PUSTAKA


Jacobs .1992.KamusBesarBahasa Indonesia.Jakarta:BalaiPustaka.

Slameto .2003.Belajar sebagai Proses PeninkatanPengalaman .Jakarta AryaDarma

Poerwadarminta. 1990. PsikologiPendidikan. Bandung:RemajaRosdakarya

Nasution& Gestalt 2006 BelajarmerubahTingkahlaku.Bandung :SaptaCipta

Hamalik.2006.Proses BelajarMengajar.Bandung:BumiAksara.

Henypratiwi.2009.£'Asper/e«5/a/ Learning http://\wvw.eksperiensialleaming.com. diakses21Juni 2012.

Abu Ahmadi&Munawar .2005 Psikologisberpengaruhpada Proses Belajar. Jakarta Budi Luhur

Wattimena AA. 2009. MetodePenelitianNaratif. http://rp8podcasts.com. DiakseS 21 Juni 2012.

UU Sisdiknas No.20 2003

Rubiyanto Rubino,2011. MetodePenelitianPendidikaaSolobaru:Qinant

Djamarah, S.B. 2002. PsikologiBelajar. Jakarta :RienekeCipta.

Winkel, W.S. 1983. PsikologiPendidikandanEvaluasiBelajar.Jakarta: Gramedia.

Dimyati&Mudjiono. 2006. BelajardanPembelajaran. Jakarta :BumiAksara.

Oemar Malik 2006. Proses BelajarMengajar.Jakarta :BumiAksara.

Kurikulum KTSP SD / MI 2007.

Kurikulum KTSP SD / MI 2006

Wardani,I.G.A.K.2007. PenelitianTindakanKelas. Jakarta :UniversitasTerbuka.

SuharsimiArikunto,Sugiyanto 2009 .Pengajarandengansistematis yang EfisienJakarta :SartaCipta

Sardjiyo, 201 l.Pencifik/PSI/SD ,Jakarta :Universitas Terbuka

Benyamin Bloom ,2009.PsikologiPendidikanCetakan 1.Jakarta :RienekeCipta.

Mulyasa. 2009. Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan,Kemandirian Guru danKepalaSekolah. Jakarta: BumiAksara

Sudjana, N. 1989.PenelitianHasil Proses BelajarMengajar.Bandung:RemajaRosdaKarya.

Sardiman, A.M. 2004. InteraksidanMotrvasiBelajarMengajar,
Jakarta:PT. Raja GrapindoPersada.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION; Ditulis oleh aan kurnia ariadi; Rating Blog: 5 dari 5