PENERAPAN HASIL STYLASI SECARA VARIATIF DALAM BENTUK
PENERAPAN HASIL STYLASI SECARA VARIATIF DALAM BENTUK
MOTIF UNTUK MENGGAMBAR DESAIN SENI BATIK
GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PROSES dan HASIL BELAJAR
SENI RUPA KELAS VIII C
Untuk Mendapatkan File BAB1 sampai Bab5 Hub 0856424 444 991
ABSTRAK
Suparjo, SH, S.Pd., MM. 2005. Penerapan Hasil Stylasi Secara
Variatif Dalam Bentuk Motif Untuk Menggambar Desain Seni Batik Guna Meningkatkan
Kualitas Proses dan Hasil Belajar Seni Rupa Kelas VIII
Kata kunci: Batik, Stylasi, Distorsi, Diformasi, Transformasi,
Seni, Pendidikan.
Dalam penelitian terhadap siswa SMP Negeri 2 Ngawi kelas VIII C
bulan Oktober minggu pertama sampai dengan Oktober minggu keempat telah merealisasikan
hasil yang optimal. Penelitian ini menggunakan konsep Penelitian Tindakan Kelas
dengan melakukanobservasi kepada siswa selama proses kegiatan sampai hasil
akhir kegiatan dengan tahapan siklus I dan siklus II.
Kegiatan siswa yag dilakukan adalah mencipta motif dengan pengayaan
dan perubahan bentuk Distorsi, Diformasi dan Transformasi yang selanjutnya diterapkan
pada desain batik secara variatif sesuai dengan kretifitas siswa. Penelitian
ini sebagai wahana, wacana tambahan informasi dan bukti empiris bagi
sekolah-sekolah tingkat SMP di Kabupaten Ngawi.
Dengan meningkatkan pengertian dan pemahaman proses stylasi bagi
siswa akan meningkatkan kualitas proses belajar bagi siswa dalam mencipta
desain seni batik.
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa, yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga
penulisan laporan penelitian yang merupakan revisi karya dengan judul ”
Penerapan Hasil Stylasi Secara Variatif Dalam Bentuk Motif Untuk Menggambar
Desain Seni Batik Guna Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Seni Rupa
Kelas VIII C SMPN 2 Ngawi Tahun 2005” dapat penulis selesaikan pada waktunya.
Maksud dan tujuan dari penulisan ini adalah
untuk memperoleh angka kredit pengembangan profesi guru yang merupakan persyaratan
wajib bagi guru yang akan naik pangkat dari golongan IV/a ke golongan IV/b.
Dengan selesainya karya tulis ini, penulis yakin
bahwa semua ini tidak lepas dari bimbingan, bantuan dan budi baik dari semua
pihak, baik secara moral maupun meterial. Untuk itu penulis tidak lupa
mengucapkan terima kasih kepada:
1.
Kepala Sekolah SMPN 2 Ngawi
2.
Rekan guru SMPN 2 Ngawi
3.
Siswa-siswi SMPN 2 Ngawi yang berperan sebagai subyek dalam
penelitian ini.
4.
Semua pihak yang turut membantu terselesaikannya karya tulis ini.
Karena keterbatasan waktu dan kemampuan kami,
dalam penulisan revisi laporan penelitian ini jauh dari sempurna, untuk itu
kritik dan saran yang membangun demikian perbaikan laporan penelitian ini
sangat kami harapkan Akhir kata semoga karya tulis ini bermanfaat bagi penulis
khususnya bagi pembaca sekalian.
Ngawi, Oktober 2005
Penulis