Wednesday, 6 April 2016

CONTOH PTK TK LENGKAP GRATIS JUDUL PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA

UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN PLANEL PADA KELOMPOK B1 DI TK

Untuk mendapatkan file bab 1-5 hub 0856 42 444 991

ABSTRAK
“UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN PLANEL PADA KELOMPOK B1 DI TK YPPK SANTA AGNES KOTA SORONG ”
Ssveria Sarbunan, A53G101032, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 46 Halaman.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan (1)Tujuan khusus : Untuk mengetahui pengembangan anak melalui media papanplanel; (2) Tujuan Umum : untuk mengetahui pengembangan membaca anak melalui media papan planel pada kelompok B1 TK YPPK Santa Agnes Kota Sorong Tahun 2013.Penelitian ini dilaksanakan di TK YPPK Santa Agnes Kota Sorong pada siswa kelompok B1. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan catatan lapangan. Metode observasi dilakukan pada proses pembelajaran guru dan anakBerdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa tingkat kemampuan membaca anak kelompok B1 di TK YPPK Santa Agnes dalam pembelajaran yang memanfaatkan papan planel yang diimplementasikan melalui permainan “ Tebak Kata” tergolong sangat tinggi. Hal ini sangat relevan dengan hasil data penelitian rata – rata presentase ketuntasan anak pada pembelajaran membaca permulaan pada siklus 1 yang hanya 50% setelah mengalami intervensi sebagai upaya perbaikan kualitas maupun kuantitas pola guru mengajar, maka kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B1pada TK YPPK Santa Agnes meningkat pada siklus II sebesar33,3% menjadi 83,3% yang sesuai dengan harapan peneliti. (keyword: contoh ptk tk gratis, ptk tk lengkap gratis, contoh ptk tk pengembangan kemampuan membaca)



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Taman Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal. Keberadaan lembaga ini sangat penting dalam penyediaan pendidikan bagi anak usia TK yaitu 4-6 tahun, karena TK merupakan tempat yang sangat strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa dan pengembangan sumberdaya manusia Indonesia pada masa mendatang. Melalui pendidikan TK para peserta didik dapat mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, social emosional, kemandirian, kognitif, bahasa, fisik/motorik dan seni serta anak dipersiapkan untuk memasuki pendidikan selanjutnya di sekolah dasar (Depdiknas, TK, 2008:3).
Salah satu bidang pengembangan kemampuan dasar yang dikembangkan di TK adalah kemampuan berbahasa. Pengembangan kemampuan berbahasa bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat anak untuk dapat berbahasa Indonesia dengan benar. Bidang pengembangan kompetensi dasar berbahasa adalah anak mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbedaharaan kata dan mengenal simbol- simbol yang melambangkannya, untuk persiapan membaca dan menulis. Membaca merupakan salah satu pengambangan kemampuan anak dalam bidang berbahasa. Anak-anak yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik, pada umumnya memiliki kemampuan dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan, serta tindakan interaktif dengan lingkungannya. Kemampuan berbahasa anak akan ditunjukkan dengan anak mampu membaca, menguasai kosa kata, pemahaman dan kemampuan komunikasi.
Kemampuan membaca anak usia dini umumnya masih relatif kurang karena pedidikan usia dini merupakan awal atau permulaan anak belajar membaca. Permasalahan yang dihadapi oleh anak tersebut antara lain yaitu; anak belum mampu membaca buku cerita bergambar, belum mampu menceritakan buku cerita bergambar, belum mampu menunjukkan beberapa kata yang dikenalnya, belum mampu mengurutkan gambar seri, belum mampu bercerita tentang gambar yang dibuatnya, belum mampu melengkapi kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru, belum memahami menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya, anak juga kurang minatnya untuk membaca. Selain itu tuntutan orang tua yang menginginkan anak cepat bisa membaca. Ditambah lagi tuntutan dari SD yang mengadakan penerimaan siswa dengan menggunakan tes baca tulis.
Guru memerlukan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan media yang dapat merangsang minat baca anak didik dalam membaca. Media yang dapat digunakan salah satunya adalah media Papan Planel. (keyword: ptk tk gratis, ptk tk lengkap, judul ptk pengembangan kemampuan membaca)
Berdasarkan pada kondisi real di lapangan itu telah mendorong peneliti untuk melakukan suatu penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan kesulitan meningkatkan kemampuan berbahasa dalam hal membaca pada anak kelompok B1 yang ada di TK YPPK Santa Agnes Sebagai dasar awal tindakan penelitian pada penyebab permasalahan itu maka terlebih dulu peneliti mengadakan observasi/pengamatan secara langsung. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya cara dan gaya guru dalam mengajar terkesan monoton sehingga anak cepat menjadi bosan. Guru kurang memaksimalkan pemakaian media sebagai alat bantu pembelajaran. Sikap guru dalam mengajar anak TK seperti mengajar anak SD dengan suasana keseriusan yang tinggi dan kesannya membebani anak.
Berawal dari permasalahan di atas, menjadi pendorong utama bagi peneliti untuk melakukan penelitian ilmiah, yang menggunakan penelitian tindakan kelas, yang didukung dengan penggunaan media papan planel Alasan peneliti menggunakan papan planel, yaitu melalui papan planel ini konsep-konsep dasar tentang kosa kata pada anak usia dini menjadi jelas. Di samping itu penerapan dalam proses pembelajaran dapat dikombinasikan dengan berbagai permainan, dapat juga digunakan sebagai strategi untuk melatih psikhomotorik anak serta kemampuan bersosialisasi

B.     Pembatasan Masalah
Agar penelitian ini dapat lebih terarah maka secara operasional permasalahan penelitian ini difokuskan pada media papan planel dan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada TK YPPK Santa Agnes kota Sorong. (keyword:  ptk lengkap gratis, contoh ptk pengembangan kemampuan membaca.)

C.    Perumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
“Apakah melalui penerapan media papan planel dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan kelompok B1 di TK YPPK Santa Agnes Sorong Tahun pelajaran 2012/2013”

D.    Tujuan Penelitian
1.      Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengembangan anak melalui media papan planel.
2.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus adalah untuk mengetahui pengembangan membaca anak melalui media papan planel pada kelompok B1 TK YPPK Santa Agnes Kota Sorong Tahun 2013.

E.     Manfaat Penelitian
1.      Manfaat Teoritis
Untuk mendapatkan teori baru tentang pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui media planel.
2.      Manfaat praktis
Manfaat yang diperoleh dengan dilakukan penelitian ini adalah :
a.       Bagi Murid
Meningkatkan minat anak selama pembelajaran berlangsung dan meningkatkan hasil pembelajaran siswa khususnya pada pembelajaran membaca
b.      Bagi Guru.
Dapat digunakan untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelola.
c.       Bagi Sekolah.
Dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan melalui pembelajaran


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, dkk. 2010, Penelitian TindakanKelas,. Jakarta PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2009 Media pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.

Depdiknas, 2007. Pengembangan kognitif di Taman kanak-kanak. Jakarta : April 2007.

Depdiknas, 2007. Persiapan Membaca danMenulis Melalui Permainan di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: April 2007.

Depdiknas, 2008. Pedoman Penerapan Pendekatan “Beyound Centers And Circle Time (BCCT) “(Pendekatan Sentra Dan Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Uisia Dini. Jakarta: 2008)

Hurlock. E.b. 2007. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan, Jakarta: Erlangga

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010, Pengembangan Silabus di Taman Kanak –kanak. Jakarta : Mei 2010

Mardalis. 2003. Metode penelitian, Jakarta, PT Bumi Aksara.

Martuti, A. 2008. Mengelola PAUD. Yogjakarta: Kreasi Wacana

Maryadi, et.all. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Musfiqon. 2012, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran,. Jakarta, PT. Prestasi Pustakaraya.

Musfiroh. 2008. Cerita Untuk Anak Usia Dini. Yogjakarta: Tiara Wacana



Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: CONTOH PTK TK LENGKAP GRATIS JUDUL PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA; Ditulis oleh aan kurnia ariadi; Rating Blog: 5 dari 5