CONTOH PTK TK LENGKAP GRATIS JUDUL PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA
UPAYA
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN PLANEL PADA KELOMPOK B1 DI TK
Untuk mendapatkan file bab 1-5 hub 0856 42 444 991
ABSTRAK
“UPAYA PENGEMBANGAN
KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PAPAN PLANEL PADA KELOMPOK B1 DI TK
YPPK SANTA AGNES KOTA SORONG ”
Ssveria Sarbunan,
A53G101032, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012, 46
Halaman.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian
Tindakan Kelas. Penelitian ini bertujuan (1)Tujuan khusus : Untuk mengetahui
pengembangan anak melalui media papanplanel; (2) Tujuan Umum : untuk mengetahui
pengembangan membaca anak melalui media papan planel pada kelompok B1 TK YPPK
Santa Agnes Kota Sorong Tahun 2013.Penelitian ini dilaksanakan di TK YPPK Santa
Agnes Kota Sorong pada siswa kelompok B1. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan catatan
lapangan. Metode observasi dilakukan pada proses pembelajaran guru dan anakBerdasarkan
penelitian yang dilakukan bahwa tingkat kemampuan membaca anak kelompok B1 di
TK YPPK Santa Agnes dalam pembelajaran yang memanfaatkan papan planel yang
diimplementasikan melalui permainan “ Tebak Kata” tergolong sangat tinggi. Hal
ini sangat relevan dengan hasil data penelitian rata – rata presentase
ketuntasan anak pada pembelajaran membaca permulaan pada siklus 1 yang hanya
50% setelah mengalami intervensi sebagai upaya perbaikan kualitas maupun
kuantitas pola guru mengajar, maka kemampuan membaca permulaan pada anak
kelompok B1pada TK YPPK Santa Agnes meningkat pada siklus II sebesar33,3%
menjadi 83,3% yang sesuai dengan harapan peneliti. (keyword: contoh ptk tk gratis, ptk tk lengkap gratis, contoh ptk tk pengembangan kemampuan membaca)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Taman
Kanak-kanak (TK) merupakan lembaga pendidikan anak usia dini pada jalur
pendidikan formal. Keberadaan lembaga ini sangat penting dalam penyediaan
pendidikan bagi anak usia TK yaitu 4-6 tahun, karena TK merupakan tempat yang
sangat strategis dalam upaya pembentukan karakter bangsa dan pengembangan
sumberdaya manusia Indonesia pada masa mendatang. Melalui pendidikan TK para
peserta didik dapat mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang
meliputi moral dan nilai-nilai agama, social emosional, kemandirian, kognitif,
bahasa, fisik/motorik dan seni serta anak dipersiapkan untuk memasuki
pendidikan selanjutnya di sekolah dasar (Depdiknas, TK, 2008:3).
Salah
satu bidang pengembangan kemampuan dasar yang dikembangkan di TK adalah
kemampuan berbahasa. Pengembangan kemampuan berbahasa bertujuan agar anak mampu
mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu
berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat anak untuk dapat berbahasa
Indonesia dengan benar. Bidang pengembangan kompetensi dasar berbahasa adalah
anak mampu mendengarkan, berkomunikasi secara lisan, memiliki perbedaharaan
kata dan mengenal simbol- simbol yang melambangkannya, untuk persiapan membaca
dan menulis. Membaca merupakan salah satu pengambangan kemampuan anak dalam
bidang berbahasa. Anak-anak yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik, pada
umumnya memiliki kemampuan dalam mengungkapkan pemikiran, perasaan, serta
tindakan interaktif dengan lingkungannya. Kemampuan berbahasa anak akan
ditunjukkan dengan anak mampu membaca, menguasai kosa kata, pemahaman dan
kemampuan komunikasi.
Kemampuan
membaca anak usia dini umumnya masih relatif kurang karena pedidikan usia dini
merupakan awal atau permulaan anak belajar membaca. Permasalahan yang dihadapi
oleh anak tersebut antara lain yaitu; anak belum mampu membaca buku cerita
bergambar, belum mampu menceritakan buku cerita bergambar, belum mampu
menunjukkan beberapa kata yang dikenalnya, belum mampu mengurutkan gambar seri,
belum mampu bercerita tentang gambar yang dibuatnya, belum mampu melengkapi
kalimat sederhana yang sudah dimulai oleh guru, belum memahami menghubungkan
dan menyebutkan tulisan sederhana dengan symbol yang melambangkannya, anak juga
kurang minatnya untuk membaca. Selain itu tuntutan orang tua yang menginginkan
anak cepat bisa membaca. Ditambah lagi tuntutan dari SD yang mengadakan
penerimaan siswa dengan menggunakan tes baca tulis.
Guru
memerlukan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu cara yang
dapat digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan media yang dapat merangsang
minat baca anak didik dalam membaca. Media yang dapat digunakan salah satunya
adalah media Papan Planel. (keyword: ptk tk gratis, ptk tk lengkap, judul ptk pengembangan kemampuan membaca)
Berdasarkan
pada kondisi real di lapangan itu telah mendorong peneliti untuk melakukan
suatu penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dari
permasalahan kesulitan meningkatkan kemampuan berbahasa dalam hal membaca pada
anak kelompok B1 yang ada di TK YPPK Santa Agnes Sebagai dasar awal tindakan penelitian
pada penyebab permasalahan itu maka terlebih dulu peneliti mengadakan
observasi/pengamatan secara langsung. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh
peneliti menunjukkan adanya cara dan gaya guru dalam mengajar terkesan monoton
sehingga anak cepat menjadi bosan. Guru kurang memaksimalkan pemakaian media
sebagai alat bantu pembelajaran. Sikap guru dalam mengajar anak TK seperti
mengajar anak SD dengan suasana keseriusan yang tinggi dan kesannya membebani
anak.
Berawal
dari permasalahan di atas, menjadi pendorong utama bagi peneliti untuk
melakukan penelitian ilmiah, yang menggunakan penelitian tindakan kelas, yang
didukung dengan penggunaan media papan planel Alasan peneliti menggunakan papan
planel, yaitu melalui papan planel ini konsep-konsep dasar tentang kosa kata
pada anak usia dini menjadi jelas. Di samping itu penerapan dalam proses
pembelajaran dapat dikombinasikan dengan berbagai permainan, dapat juga
digunakan sebagai strategi untuk melatih psikhomotorik anak serta kemampuan
bersosialisasi
B.
Pembatasan Masalah
Agar
penelitian ini dapat lebih terarah maka secara operasional permasalahan
penelitian ini difokuskan pada media papan planel dan guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca pada TK YPPK Santa Agnes kota Sorong. (keyword: ptk lengkap gratis, contoh ptk pengembangan kemampuan membaca.)
C.
Perumusan Masalah
Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah:
“Apakah melalui penerapan
media papan planel dapat mengembangkan kemampuan membaca permulaan kelompok B1
di TK YPPK Santa Agnes Sorong Tahun pelajaran 2012/2013”
D.
Tujuan Penelitian
1.
Tujuan Umum
Untuk mengetahui pengembangan
anak melalui media papan planel.
2.
Tujuan Khusus
Tujuan khusus adalah untuk
mengetahui pengembangan membaca anak melalui media papan planel pada kelompok
B1 TK YPPK Santa Agnes Kota Sorong Tahun 2013.
E.
Manfaat Penelitian
1.
Manfaat Teoritis
Untuk mendapatkan teori baru
tentang pengembangan kemampuan membaca permulaan melalui media planel.
2.
Manfaat praktis
Manfaat yang diperoleh
dengan dilakukan penelitian ini adalah :
a.
Bagi Murid
Meningkatkan minat anak
selama pembelajaran berlangsung dan meningkatkan hasil pembelajaran siswa
khususnya pada pembelajaran membaca
b.
Bagi Guru.
Dapat digunakan untuk
memperbaiki pembelajaran yang dikelola.
c. Bagi Sekolah.
Dapat digunakan untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan melalui pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, dkk. 2010, Penelitian
TindakanKelas,. Jakarta PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2009 Media pembelajaran.Jakarta:
PT Raja Grasindo Persada.
Depdiknas, 2007. Pengembangan kognitif di
Taman kanak-kanak. Jakarta : April 2007.
Depdiknas, 2007. Persiapan Membaca
danMenulis Melalui Permainan di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: April 2007.
Depdiknas, 2008. Pedoman Penerapan
Pendekatan “Beyound Centers And Circle Time (BCCT) “(Pendekatan Sentra
Dan Lingkaran) Dalam Pendidikan Anak Uisia Dini. Jakarta: 2008)
Hurlock. E.b. 2007. Psikologi
Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan, Jakarta:
Erlangga
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010, Pengembangan
Silabus di Taman Kanak –kanak. Jakarta : Mei 2010
Mardalis. 2003. Metode penelitian,
Jakarta, PT Bumi Aksara.
Martuti, A. 2008. Mengelola PAUD.
Yogjakarta: Kreasi Wacana
Maryadi, et.all. 2011. Pedoman Penulisan
Skripsi FKIP. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di
Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Musfiqon. 2012, Pengembangan
Media dan Sumber Pembelajaran,. Jakarta, PT. Prestasi Pustakaraya.
Musfiroh. 2008. Cerita Untuk Anak Usia
Dini. Yogjakarta: Tiara Wacana