Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK MATEMATIKA SMP DOWNLOAD MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI LINGKARANP

MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI LINGKARAN I
DENGAN LATIHAN MANDIRI
PADA SISWA KELAS 2B SMP XXX XXX


Untuk Mendapatkan File BAB 1-5 Hub 0856 42 444 991

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Alasan Pemilihan Judul
Kemampuan belajar yang dimiliki manusia, merupakan bekal yang sangatpokok. Berdasarkan kemampuan itu manusia telah berkembang selama berabadabadyang lalu dan tetap terbuka kesempatan yang luas baginya untuk memperkayadiri dan mencapai taraf kebudayaan yang lebih tinggi. Dalam perkembangan ilmupengetahuan dan tehnologi yang semakin maju pesat diperlukan langkah-langkahpemikiran serta langkah-langkah yang saling berhubungan dengan tepat dansungguh-sungguh. Perkembangan-perkembangan itu selain membawa dampakpositif, ternyata juga membawa dampak negatif bagi umat manusia. Dalammempersiapkan warga masyarakat untuk menghadapi dan menjalani perkembanganitu pendidikan sangat memegang peranan penting, karena pendidikan merupakansuatu hal yang sangat diperlukan oleh individu kapan dan di manapun dia berada. PTK Matematika SMP Kelas 2
Pendidikan merupakan usaha untuk menyiapkan manusia melalui kegiatanbimbingan, pengajaran dan latihan. Oleh karena itu pembangunan di bidangpendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggara pendidikanyang disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi sertakesenian, perkembangan masyarakat serta kebutuhan pembangunan. PTK Matematika  SMP Download.
Tujuan pembelajaran matematika kurikulum 2004 adalah sebagai berikut:
1.      Melatih cara berpikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melaluikegiatan penyelidikan, eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan,perbedaan, konsisten dan inkonsistensi. PTK Matematika SMP Doc
2.      Mengembangkan berbagai aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisidan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingintahu , membuat prediksi dan dugaan serta mencoba-coba.
3.      Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah . PTK Metematika SMP Kelas 7
4.      Mengembangkan kemampuan siswa agar dapat mengkomunikasikan gagasanatau menyampaikan informasi antara lain melalui pembicaraan lisan, catatan,grafik, peta, diagram.
Dengan demikian maka tujuan umum pendidikan matematika pada jenjangpendidikan dasar dan menengah adalah mengembangkan kreatifitas siswa sertamemberi tekanan pada ketrampilan memecahkan masalah dalam kehidupan seharihari. Matematika SMP Meteri Lingkaran
Di dalam keseluruhan proses belajar mengajar di sekolah, kegiatan prosesbelajar mengajar merupakan kegiatan yang sangat penting. Hal itu berarti bahwaberhasil atau tidaknya tujuan pencapaian pengajaran di sekolah tidak hanyatergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami siswa di sekolah sebagaipeserta didik namun juga tidak lepas dari faktor- faktor pendidikan lainnya sepertisarana pendidikan dan kurikulum. PTK Matematika SMP Kelas 7 
Banyak siswa yang ternyata kurang menyukai pelajaran matematika. Merekaberanggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit danmemuakkan. Kadang-kadang siswa mengikuti pelajaran tersebut karena terpaksaharus mengikuti dan tidak ada pilihan lain, bahkan mungkin mereka berusaha untukmenghindari pelajaran matematika di sekolah dengan membolos pada jam pelajaranmatematika. PTK SMP DOWNLOAD
Matematika diakui sangat penting, tetapi sulit dipelajari. Kemungkinan salahsatu penyebabnya adalah cara mengajar guru yang tidak cocok baginya. Guru hanyamengajar dengan satu metode yang kebetulan tidak cocok dengannya. PTK Matematika Download
Pendidikan matematika berbasis kompetensi menekankan pada kompetensiyang harus dimiliki tamatan / siswa, sehingga guru berfungsi sebagai fasilitatoruntuk mengembangkan kompetensi yang dimiliki siswa.Penulis tertarik pada judul di atas karena : 
1.      Matematika sebagai salah satu ilmu dasar dewasa ini telah berkembangamat pesat, baik materi maupun kegunaannya. Dalam usaha untukmenanggulangi rendahnya hasil belajar matematika serta meningkatkanmutu pendidikan di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagaiusaha antara lain dengan perubahan kurikulum pendidikan. Kurikulummerupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, sekaligusmerupakan pedoman dalam melaksanakan pengajaran pada semua jenisdan jenjang pendidikan. PTK SMP  DOC Permasalahan pokok yang sering terjadi dalampembelajaran matematika berkaitan dengan tujuan pembelajaran, caramencapai tujuan tersebut, serta bagaimana mengetahui tujuan tersebuttelah tercapai. Agar tujuan pembelajaran tercapai dan ketuntasan belajardapat terwujud, maka penguasaan materi mutlak dilakukan. Agar prinsipkeruangan dipahami siswa, siswa harus terlebih dahulu memahamikonsep bangun datar salah satunya adalah lingkaran. Walaupun materiLingkaran sudah dikenalkan pada siswa sejak mereka belajar di jenjangsekolah dasar, namun pada kenyataannya penguasaan siswa terhadapmateri ini masih sangat kurang. Hal ini dimungkinkan karena kurangnyalatihan pada materi tersebut.
2.      Dengan mengefektifkan pembelajaran materi Lingkaran I menggunakanmetode latihan, dalam hal ini penulis mengistilahkan sebagai latihanmandiri diharapkan ada peningkatan dalam penguasaan materi tersebut.
3.      Judul tersebut berkaitan dengan bidang yang selama ini penulis tekuni.
B.     Permasalahan
Dalam melaksanakan tugasnya guru tidak hanya berperan sebagai penyampaipengetahuan kepada siswa saja, tetapi guru mempunyai peranan juga sebagaipembimbing. Download PTK SMP Guru menyadari peranan yang dipegangnya dalam pertemuan dengansiswa. Berperan sebagai guru mengandung tantangan, karena di satu pihak guruharus sabar, ramah, menunjukkan pengertian, memberikan kepercayaan danmenciptakan suasana aman ; di lain pihak guru harus mendorong siswa untukberusaha mencapai tujuan, mengadakan koreksi, menegur dan menilai. Sebelumproses belajar mengajar dimulai, guru harus sudah memiliki kemampuan dankerelaan untuk memaklumi alam pikiran dan perasaan siswa. Ptk Matematika SMP PDF Dia harus bersediauntuk menerima siswa apa adanya, sekaligus guru harus dapat mendekati siswasecara kritis, karena siswa tidak dapat dibiarkan dalam keadaan sekarang. Adakemampuan-kemampuan siswa yang belum tergali sehingga belum berfungsi secaramaksimal, bahkan mungkin ada kekurangan dalam bersikap dan bertindak siswayang harus diperbaiki. Pada kemampuan ini guru dituntut mempelajari kesulitankesulitanbelajar yang dihadapi siswa.
Siswa pada suatu kelas umumnya merupakan kumpulan individu-individuyang heterogen, artinya mereka memiliki perbedaan individual dalam proses belajarmengajar. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain perbedaan intelegensi, bakat,minat, kepribadian, kondisi fisiologis dan faktor lingkungan. DJlengan adanyaperbedaan-perbedaan tersebut maka ada siswa yang memiliki kemampuan tinggidan ada pula siswa yang kurang mampu dalam mengikuti pelajaran. Contoh PTK SMP
Dari uraian di atas timbul permasalahan yaitu :
Apakah dengan latihan mandiri dapat meningkatkan penguasaan materiLingkaran I pada siswa kelas 2B SMP Islam Bawen ?
C.    Penegasan Istilah
Suatu istilah dapat ditafsirkan dengan makna yang berbeda-beda. Untukmenghindari terjadinya perbedaan penafsiran dalam mengartikan judul penelitianini maka perlu ditegaskan istilah yang berhubungan dengan penelitian ini.
1.      Pemahaman konsep
Pengertian pemahaman adalah proses, perbuatan, cara memahami ataumemahamkan. (Anonim, 1989 : 636)
Konsep adalah pengertian abstrak yang memungkinkan seseorang menggolong-golongkanobyek atau peristiwa. (Mohammad Soleh, 1998:8)
2.      Latihan mandiri
Latihan mandiri merupakan suatu latihan soal yang dilakukan siswa denganmembuat soal dan menjawabnya sendiri setelah guru menyampaikan materi danmemberikan contoh-contoh soal. (Istilah ini dari penulis sendiri)
3.      Lingkaran
Adalah bangun bidang yang merupakan tempat kedudukan titik-titik yangberjarak sama dari suatu titik tetap. (Drs Dedi Junaedi, 1999 : 127)
4.      Jari-jari lingkaran
Adalah ruas garis lurus dari pusat ke titik pada keliling lingkaran.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 127)
5.      Busur lingkaran
Adalah garis lengkung yang merupakan bagian dari keliling lingkaran.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 125)
6.      Talibusur
Adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 130)
7.      Diameter (garis tengah)
Adalah tali busur yang melalui titik pusat.
(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 126)
8.      Sudut pusat lingkaran
Adalah sudut yang dibentuk oleh dua buah jari-jari lingkaran.
(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 129)
9.      Juring (sektor)
Adalah bagian daerah lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan busurnya.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 127)
D.    Tujuan Penelitian
Realitas penelitian akan menyajikan kegiatan belajar mengajar yang dikemasdalam suatu pola tindakan dengan mengefektifkan kegiatan kerja kelompok.
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui sejauhmana latihan mandiri dapat meningkatkanpenguasaan materi Lingkaran I pada siswa kelas 2B SMP Islam Bawen.
E.     Manfaat Penelitian
Sebuah penelitian apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akanbermanfaat. Begitu juga dengan penelitian ini, setelah selesai diharapkan dapatmemberi masukan kepada penulis.
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.      Bagi siswa
         Meningkatkan rasa percaya diri.
         Menumbuhkan pemahaman konsep-konsep matematika.
         Meningkatkan penguasaan materi pelajaran.
         Menumbuhkan sikap kritis, kreatif, serta dapat berpikir logis.
         Menumbuhkan sikap ilmiah.
2.      Bagi guru
         Merupakan umpan balik untuk mengetahui kesulitan belajar siswa.
         Memperbaiki kinerja guru dalam pelaksanaan KBM.
         Meningkatkan gairah dalam pelaksanaan KBM.
         Guru lebih terampil dalam menggunakan metode mengajar yangbervariasi.
3.      Bagi Sekolah
         Dengan memiliki guru yang terampil dan berkompetensi dibidangnya dapat meningkatkan kualitas sekolah.
4.      Bagi UNNES
         Membantu para dosen dalam mendidik calon guru matematika.
F.     Sistematika Skripsi
Skripsi ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
1.      Bagian pendahulu skripsi
Pada bagian ini berisi judul, persetujuan pembimbing, pengesahan,pernyataan, motto dan persembahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi,daftar lampiran. PTK Matematika SMP Download
2.      Bagian isi skripsi
Pada bagian ini terdiri dari lima bab, yaitu :
BAB I PENDAHULUAN, pada bab ini berisi tentang alasan pemilihanjudul, permasalahan, penegasan istilah, tujuan penelitian, manfaat penelitiandan sistematika skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN, berisitentang landasan teori, kerangka berfikir, dan hipotesis tindakan.
BAB III METODE PENELITIAN, berisi tentang lokasi penelitian, subyekpenelitian, prosedur kerja dalam penelitian, metode pengumpulan data, danindikator kinerja.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN, berisi tentang hasilpenelitian, analisa hasil penelitian dan pembahasan. Download Matematika SMP
BAB V PENUTUP, berisi tentang kesimpulan dan saran-saran yangmerupakan akhir bagian inti.

Pada bagian akhir skripsi ini berisikan tentang daftar pustaka dan lampiran-lampiranyang digunakan.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2004. PedomanAkademik. UniversitasNegeri Semarang.
Anonim.1989.Kamus BesarBahasa Indonesia.Jakarta :BalaiPustaka.
DediJunaedi, dkk. 1999. PenuntunBelajarMatematikaUntuk SLTP Jilid 2.PT.Mizan.
Depdikbud RI. 1993. KurikulumPendidikanDasar/GBPP SLTP Matematika 1994.Jakarta :Depdikbud RI.
H. Erman Suherman.2003.Strategi PembelajaranMatematikaKontemporer,Bandung :Jica.
Herman Hudoyo. 2003. PengembanganKurikulumdanPembelajarMatematika,Bandung :Jica.
Marwan, dkk. 1995. TrampildalamMatematikauntuk SLTP Kelas 2 Jilid 2A, Solo:TigaSerangkai.
Mohammad Soleh. 1998. Pokok – PokokPengajaranMatematikaSekolah, Jakarta :BagianProyekPengembanganBukudanMinat Baca.
NurSaidah. 2002. PeningkatanKonsepBangunRuangpadaSiswaKelas III SLTPNegeri I KedungJepara Kudus TahunPelajaran 2001/2002, FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasMuhammadiyah Surakarta.
SetyoBudhi, dkk. TT.Progresif, Surakarta : CV. Widya Duta.
SitiImrotun. 2003. MeningkatkanPemahamanKonsepPokokBahasanPerbandinganmelaluiLatihanTerstrukturKelas II Semester I MtsNurulUlumJekulo Kudus Tahun 2002/2003, UniversitasNegeri Semarang.
Sri Haryanti. 2000. Kesalahan-KesalahanSiswadalamMenyelesaikanSoalPersamaandanPertidaksamaandenganSatuPeubahpadaSiswaKelas I MtsAl UswahBergasTahunPelajaran 1999/2000, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeri Semarang.

Turmudi, 2001.Matematikauntuk SLTP Kelas II, Bandung :Grafindo.