PTK MATEMATIKA SMP DOWNLOAD MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI LINGKARANP
MENINGKATKAN
PENGUASAAN MATERI LINGKARAN I
DENGAN LATIHAN MANDIRI
PADA SISWA KELAS 2B
SMP XXX XXX
Untuk Mendapatkan File BAB 1-5 Hub 0856 42 444 991
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Alasan Pemilihan Judul
Kemampuan belajar
yang dimiliki manusia, merupakan bekal yang sangatpokok. Berdasarkan kemampuan
itu manusia telah berkembang selama berabadabadyang lalu dan tetap terbuka
kesempatan yang luas baginya untuk memperkayadiri dan mencapai taraf kebudayaan
yang lebih tinggi. Dalam perkembangan ilmupengetahuan dan tehnologi yang
semakin maju pesat diperlukan langkah-langkahpemikiran serta langkah-langkah
yang saling berhubungan dengan tepat dansungguh-sungguh. Perkembangan-perkembangan
itu selain membawa dampakpositif, ternyata juga membawa dampak negatif bagi
umat manusia. Dalammempersiapkan warga masyarakat untuk menghadapi dan
menjalani perkembanganitu pendidikan sangat memegang peranan penting, karena
pendidikan merupakansuatu hal yang sangat diperlukan oleh individu kapan dan di
manapun dia berada. PTK Matematika SMP Kelas 2
Pendidikan merupakan
usaha untuk menyiapkan manusia melalui kegiatanbimbingan, pengajaran dan
latihan. Oleh karena itu pembangunan di bidangpendidikan diperlukan peningkatan
dan penyempurnaan penyelenggara pendidikanyang disesuaikan dengan perkembangan
ilmu pengetahuan dan tehnologi sertakesenian, perkembangan masyarakat serta
kebutuhan pembangunan. PTK Matematika SMP Download.
Tujuan pembelajaran
matematika kurikulum 2004 adalah sebagai berikut:
1.
Melatih cara berpikir dan
bernalar dalam menarik kesimpulan, misalnya melaluikegiatan penyelidikan,
eksplorasi, eksperimen, menunjukkan kesamaan,perbedaan, konsisten dan
inkonsistensi. PTK Matematika SMP Doc
2.
Mengembangkan berbagai
aktifitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisidan penemuan dengan
mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingintahu , membuat prediksi
dan dugaan serta mencoba-coba.
3.
Mengembangkan kemampuan
memecahkan masalah . PTK Metematika SMP Kelas 7
4.
Mengembangkan kemampuan
siswa agar dapat mengkomunikasikan gagasanatau menyampaikan informasi antara
lain melalui pembicaraan lisan, catatan,grafik, peta, diagram.
Dengan demikian maka
tujuan umum pendidikan matematika pada jenjangpendidikan dasar dan menengah
adalah mengembangkan kreatifitas siswa sertamemberi tekanan pada ketrampilan
memecahkan masalah dalam kehidupan seharihari. Matematika SMP Meteri Lingkaran
Di dalam keseluruhan
proses belajar mengajar di sekolah, kegiatan prosesbelajar mengajar merupakan
kegiatan yang sangat penting. Hal itu berarti bahwaberhasil atau tidaknya
tujuan pencapaian pengajaran di sekolah tidak hanyatergantung pada bagaimana
proses belajar yang dialami siswa di sekolah sebagaipeserta didik namun juga
tidak lepas dari faktor- faktor pendidikan lainnya sepertisarana pendidikan dan
kurikulum. PTK Matematika SMP Kelas 7
Banyak siswa yang
ternyata kurang menyukai pelajaran matematika. Merekaberanggapan bahwa
pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit danmemuakkan. Kadang-kadang
siswa mengikuti pelajaran tersebut karena terpaksaharus mengikuti dan tidak ada
pilihan lain, bahkan mungkin mereka berusaha untukmenghindari pelajaran
matematika di sekolah dengan membolos pada jam pelajaranmatematika. PTK SMP DOWNLOAD
Matematika diakui
sangat penting, tetapi sulit dipelajari. Kemungkinan salahsatu penyebabnya
adalah cara mengajar guru yang tidak cocok baginya. Guru hanyamengajar dengan
satu metode yang kebetulan tidak cocok dengannya. PTK Matematika Download
Pendidikan matematika
berbasis kompetensi menekankan pada kompetensiyang harus dimiliki tamatan /
siswa, sehingga guru berfungsi sebagai fasilitatoruntuk mengembangkan
kompetensi yang dimiliki siswa.Penulis tertarik pada judul di atas karena :
1.
Matematika sebagai salah
satu ilmu dasar dewasa ini telah berkembangamat pesat, baik materi maupun
kegunaannya. Dalam usaha untukmenanggulangi rendahnya hasil belajar matematika
serta meningkatkanmutu pendidikan di Indonesia, pemerintah telah melakukan
berbagaiusaha antara lain dengan perubahan kurikulum pendidikan.
Kurikulummerupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan,
sekaligusmerupakan pedoman dalam melaksanakan pengajaran pada semua jenisdan
jenjang pendidikan. PTK SMP DOC Permasalahan pokok yang sering terjadi dalampembelajaran
matematika berkaitan dengan tujuan pembelajaran, caramencapai tujuan tersebut,
serta bagaimana mengetahui tujuan tersebuttelah tercapai. Agar tujuan
pembelajaran tercapai dan ketuntasan belajardapat terwujud, maka penguasaan
materi mutlak dilakukan. Agar prinsipkeruangan dipahami siswa, siswa harus
terlebih dahulu memahamikonsep bangun datar salah satunya adalah lingkaran.
Walaupun materiLingkaran sudah dikenalkan pada siswa sejak mereka belajar di
jenjangsekolah dasar, namun pada kenyataannya penguasaan siswa terhadapmateri
ini masih sangat kurang. Hal ini dimungkinkan karena kurangnyalatihan pada
materi tersebut.
2.
Dengan mengefektifkan
pembelajaran materi Lingkaran I menggunakanmetode latihan, dalam hal ini
penulis mengistilahkan sebagai latihanmandiri
diharapkan ada peningkatan dalam penguasaan
materi tersebut.
3.
Judul tersebut berkaitan
dengan bidang yang selama ini penulis tekuni.
B.
Permasalahan
Dalam melaksanakan
tugasnya guru tidak hanya berperan sebagai penyampaipengetahuan kepada siswa
saja, tetapi guru mempunyai peranan juga sebagaipembimbing. Download PTK SMP Guru menyadari
peranan yang dipegangnya dalam pertemuan dengansiswa. Berperan sebagai guru
mengandung tantangan, karena di satu pihak guruharus sabar, ramah, menunjukkan
pengertian, memberikan kepercayaan danmenciptakan suasana aman ; di lain pihak
guru harus mendorong siswa untukberusaha mencapai tujuan, mengadakan koreksi,
menegur dan menilai. Sebelumproses belajar mengajar dimulai, guru harus sudah
memiliki kemampuan dankerelaan untuk memaklumi alam pikiran dan perasaan siswa. Ptk Matematika SMP PDF Dia harus bersediauntuk menerima siswa apa adanya, sekaligus guru harus dapat
mendekati siswasecara kritis, karena siswa tidak dapat dibiarkan dalam keadaan
sekarang. Adakemampuan-kemampuan siswa yang belum tergali sehingga belum
berfungsi secaramaksimal, bahkan mungkin ada kekurangan dalam bersikap dan
bertindak siswayang harus diperbaiki. Pada kemampuan ini guru dituntut
mempelajari kesulitankesulitanbelajar yang dihadapi siswa.
Siswa pada suatu
kelas umumnya merupakan kumpulan individu-individuyang heterogen, artinya
mereka memiliki perbedaan individual dalam proses belajarmengajar.
Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain perbedaan intelegensi, bakat,minat,
kepribadian, kondisi fisiologis dan faktor lingkungan. DJlengan
adanyaperbedaan-perbedaan tersebut maka ada siswa yang memiliki kemampuan
tinggidan ada pula siswa yang kurang mampu dalam mengikuti pelajaran. Contoh PTK SMP
Dari uraian di atas
timbul permasalahan yaitu :
Apakah dengan latihan mandiri dapat
meningkatkan penguasaan materiLingkaran I pada siswa kelas 2B SMP Islam Bawen ?
C.
Penegasan Istilah
Suatu istilah dapat
ditafsirkan dengan makna yang berbeda-beda. Untukmenghindari terjadinya
perbedaan penafsiran dalam mengartikan judul penelitianini maka perlu
ditegaskan istilah yang berhubungan dengan penelitian ini.
1.
Pemahaman konsep
Pengertian pemahaman adalah proses,
perbuatan, cara memahami ataumemahamkan. (Anonim, 1989 : 636)
Konsep adalah pengertian abstrak yang
memungkinkan seseorang menggolong-golongkanobyek atau peristiwa. (Mohammad
Soleh, 1998:8)
2.
Latihan mandiri
Latihan mandiri merupakan suatu latihan
soal yang dilakukan siswa denganmembuat soal dan menjawabnya sendiri setelah
guru menyampaikan materi danmemberikan contoh-contoh soal. (Istilah ini dari
penulis sendiri)
3.
Lingkaran
Adalah bangun bidang yang merupakan
tempat kedudukan titik-titik yangberjarak sama dari suatu titik tetap. (Drs
Dedi Junaedi, 1999 : 127)
4.
Jari-jari lingkaran
Adalah ruas garis lurus dari pusat ke titik
pada keliling lingkaran.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 127)
5.
Busur lingkaran
Adalah garis lengkung yang merupakan
bagian dari keliling lingkaran.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 125)
6.
Talibusur
Adalah garis lurus yang menghubungkan
dua titik pada keliling lingkaran.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 130)
7.
Diameter (garis tengah)
Adalah tali busur yang melalui titik
pusat.
(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 126)
8.
Sudut pusat lingkaran
Adalah sudut yang dibentuk oleh dua buah
jari-jari lingkaran.
(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 129)
9.
Juring (sektor)
Adalah bagian daerah lingkaran yang
dibatasi oleh dua jari-jari dan busurnya.(Drs Dedi Junaedi, 1999 : 127)
D.
Tujuan Penelitian
Realitas penelitian
akan menyajikan kegiatan belajar mengajar yang dikemasdalam suatu pola tindakan
dengan mengefektifkan kegiatan kerja kelompok.
Adapun tujuan
penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui
sejauhmana latihan mandiri dapat
meningkatkanpenguasaan materi Lingkaran I pada siswa kelas 2B SMP Islam Bawen.
E.
Manfaat Penelitian
Sebuah penelitian
apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh akanbermanfaat. Begitu juga dengan
penelitian ini, setelah selesai diharapkan dapatmemberi masukan kepada penulis.
Adapun manfaat penelitian ini adalah :
1.
Bagi siswa
•
Meningkatkan rasa percaya
diri.
•
Menumbuhkan pemahaman
konsep-konsep matematika.
•
Meningkatkan penguasaan
materi pelajaran.
•
Menumbuhkan sikap kritis,
kreatif, serta dapat berpikir logis.
•
Menumbuhkan sikap ilmiah.
2.
Bagi guru
•
Merupakan umpan balik untuk
mengetahui kesulitan belajar siswa.
•
Memperbaiki kinerja guru
dalam pelaksanaan KBM.
•
Meningkatkan gairah dalam
pelaksanaan KBM.
•
Guru lebih terampil dalam
menggunakan metode mengajar yangbervariasi.
3.
Bagi Sekolah
•
Dengan memiliki guru yang
terampil dan berkompetensi dibidangnya dapat meningkatkan kualitas sekolah.
4.
Bagi UNNES
•
Membantu para dosen dalam
mendidik calon guru matematika.
F.
Sistematika Skripsi
Skripsi
ini disusun dengan sistematika sebagai berikut :
1.
Bagian pendahulu skripsi
Pada bagian ini berisi judul,
persetujuan pembimbing, pengesahan,pernyataan, motto dan persembahan, kata pengantar,
abstrak, daftar isi,daftar lampiran. PTK Matematika SMP Download
2.
Bagian isi skripsi
Pada bagian ini terdiri dari lima bab,
yaitu :
BAB I PENDAHULUAN, pada bab ini berisi
tentang alasan pemilihanjudul, permasalahan, penegasan istilah, tujuan
penelitian, manfaat penelitiandan sistematika skripsi.
BAB II LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
TINDAKAN, berisitentang landasan teori, kerangka berfikir, dan hipotesis
tindakan.
BAB III METODE PENELITIAN, berisi
tentang lokasi penelitian, subyekpenelitian, prosedur kerja dalam penelitian,
metode pengumpulan data, danindikator kinerja.
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN,
berisi tentang hasilpenelitian, analisa hasil penelitian dan pembahasan. Download Matematika SMP
BAB V PENUTUP, berisi tentang kesimpulan
dan saran-saran yangmerupakan akhir bagian inti.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.
2004. PedomanAkademik. UniversitasNegeri
Semarang.
Anonim.1989.Kamus BesarBahasa Indonesia.Jakarta
:BalaiPustaka.
DediJunaedi,
dkk. 1999. PenuntunBelajarMatematikaUntuk SLTP
Jilid 2.PT.Mizan.
Depdikbud
RI. 1993. KurikulumPendidikanDasar/GBPP SLTP
Matematika 1994.Jakarta :Depdikbud RI.
H.
Erman Suherman.2003.Strategi
PembelajaranMatematikaKontemporer,Bandung :Jica.
Herman
Hudoyo. 2003. PengembanganKurikulumdanPembelajarMatematika,Bandung
:Jica.
Marwan,
dkk. 1995. TrampildalamMatematikauntuk SLTP
Kelas 2 Jilid 2A, Solo:TigaSerangkai.
Mohammad
Soleh. 1998. Pokok –
PokokPengajaranMatematikaSekolah, Jakarta
:BagianProyekPengembanganBukudanMinat Baca.
NurSaidah.
2002. PeningkatanKonsepBangunRuangpadaSiswaKelas
III SLTPNegeri I KedungJepara Kudus TahunPelajaran 2001/2002, FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasMuhammadiyah
Surakarta.
SetyoBudhi,
dkk. TT.Progresif, Surakarta
: CV. Widya Duta.
SitiImrotun.
2003. MeningkatkanPemahamanKonsepPokokBahasanPerbandinganmelaluiLatihanTerstrukturKelas
II Semester I MtsNurulUlumJekulo Kudus Tahun 2002/2003,
UniversitasNegeri Semarang.
Sri
Haryanti. 2000. Kesalahan-KesalahanSiswadalamMenyelesaikanSoalPersamaandanPertidaksamaandenganSatuPeubahpadaSiswaKelas
I MtsAl UswahBergasTahunPelajaran 1999/2000, FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeri
Semarang.
Turmudi,
2001.Matematikauntuk SLTP Kelas II, Bandung
:Grafindo.